Wednesday 21 June 2017

PKMUNJ 2 Mengajak Mahasiswa untuk Kritis!

Masih dalam nuansa yang sama. Yaitu dalam nuansa geloranga semangat dalam menjadi pemimlin dimasa depan. PKMUNJ kembali digelar dalam tajuk PKMUNJ 2 Jilid 1 dan 2.

PKMUNJ 2 jilid 1 dan 2 digelar pada hari sabtu dan minggu, 3 dan 4 Juni 2017. Masih dalam tema yang sama, Pemuda Masa Kini Pemimpin Masa Depan.

Bulan ramadhan yang kini tengah perlahan meninggalkan kita nyatanya tidak menyurutkan semangat para peserta PKMUNJ. Terbukti, peserta yang hadir dalam kedua rangkaian tersebut masih bertengger diangka 100an orang. Para peserta tersebut tentunya tetap semangat dalam melatih dirinya, khususnya dalam PKMUNJ 2.

Dalam PKMUNJ 2 jilid 1 kegiatan dibagi menjadi dua sesi. Dimana sesi pertama (08.30 WIB) adalah berupa pemaparan materi Management Issue sedang sesi kedua (setelah dzuhur) berupa sosio drama.

Sesi materi Management Issue diisi oleh pemateri yang begitu hebat. Yaitu bapak Arya sandhiyudha, yang merupakan penulis buku Arab Spring.

Beliau memaparkan bahwa Management Issue kiranya memiliki beberapa tipologi orang dalam menaganinya, ialah :
·         Pekerja (Worker)
·         Pemikir (Thinker)
·         Lobies (Bagian melobi, biasanya pada keseharian orang yang tenang dan tak banyak bicara)
·         Desaigner (Perencana jangka pendek, menegemen isu dalam bentuk menarik)
·         Selebriti (Karakter Humas, pemegang Live report, banyak penerangan)
·         Leader (Opinion leader, penekan keyakinan, pengelola SDM, Humas ke media)

Lanjut kepada sesi kedua, para peserta dibagi kedalam 4 kelompok besar yang masing-masing akan mendiskusikan isu nasional yang beredar selama ini. Seperti diantaranya isu TDL, Human Traficking, Narkoba, Korupsi, dll.

Setelah masing-masing kelompok mendiskusikan isunya masing-masing, setiap kelompokpun mentransformasikan isu yang telah mereka bahas kedalam bentuk socio drama. Socio drama yang disajikan pun memiliki genre yang beragam. Dari yang amat serius hingga genre komedi yang mengundang gelak tawa seluruh peserta.

Setelah rangkaian PKMUNJ 2 jilid 1 ditutup dengan socio drama yang amat memukau, rangkaian PKMUNJpun berlanjut keesokan harinya. PKMUNJ 2 jilid 2 menjadi penyambung rangkaian PKMUNJ berikutnya.

Pada hari itu, terdapat hal yang berbeda dari hari-hari sebelumnya, yaitu waktu kedatangan peserta yang dimulai sejak 09.30 WIB. Namun tentunya hal tersebut tidak menyurutkan niat peserta untuk menjadi pemimpin dimasa depan.

PKMUNJ 2 Jilid 2 pun kembali dinagi menjadi dua kegiatan, yaitu pemaparan presentasi penugasan dari peserta dan diskusi isu dalam kampus.

Pada pemaparan presentasi, setiap kelompok peserta akan mempresentasikan tentang penugasan kunjungannya ke kementrian dan BEM kampus lain. Masing-masing kelompok memaparkan dengan ciri khasnya masing-masing, baik itu ciri khas individu, kelompok dan juga substansial materinya.

Sedang dalam sesi kedua, peserta diajak untuk kritis kembali! Isu yang disajikan kali inipun adalah bukan isu yang berskala besar namun tidak boleh diremehkan. Yaitu isu dalam kampus UNJ.

Antara lain adalah isu mengenai kinerja UPT, parkiran, UKT, dll. Dan mengingat ini adalah isu yang amat dekat dengan mahasiswa, dinamika yang terjadi dalam diskusipun amat panas. Masing-masing menyampaikan pendapat, tak jarang keluh kesahnya akan permasalahan kampus UNJ. Hingga pada akhirnya, diakusi pun menutup rangkaian PKMUNJ 2.

No comments:

Post a Comment