Sunday 25 March 2018

Inilah Akuntansi


Dalam perkembangan dunia global yang semakin modern, komponen ekonomi menjadi hal yang tidak luput dari perkembangan tersebut. Ekonomi dalam kaitannya dengan berbagai hal memiliki cakupan yang begitu luas. Seperti halnya demand and supply, modal, entitas bisnis, dan tidak terlepas Akuntansi.
Akuntansi yang kini menjadi salah satu hal yang diperlukan oleh banyak entitas bisnis di dunia juga memiliki topik bahasan tersendiri, khususnya pendidikan. Sebelum bergerak lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui definisi dari akuntansi. Menurut American Institute of Certified Public Accounting (AICPA) (dalam Effendi, 2015:1), Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dan dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.”
Menurut Harahap (2012:4), Akuntansi lahir dari lingkungan ekonomi kapitalis. Ilmu Akuntansi ini memberikan informasi tentang kekayaan itu dari mana sumbernya. Utang atau Modal (Neraca), berapa kenaikanya secara periodik (Laporan Laba Rugi). Hal inilah yang menjelaskan mengapa akuntansi begitu penting dalam dunia ekonomi.
Berlanjut kepada bahasan pendidikan, nyatanya akuntansi mendapatkan posisinya tersendiri dalam lingkup pendidikan, khususnya pendidikan tinggi. Akuntansi yang menjadi salah satu program studi yang paling diminati di Indonesia mengajarkan kepada para mahasiswa tentang berbagai hal. Antara lain tentang perhitungan aset, ekuitas, dan juga hutang dari suatu entitas bisnis.
Materi perkuliahan yang didapatkan oleh mahasiswa program studi akuntansi akan menjadi dasar bagi mereka setelah lulus dari perkuliahan. Bukan hanya menjadi seorang akuntan biasa, tetapi selepas kerja nyatanya terdapat peluang pekerjaan yang begitu besar bagi mahasiswa akuntansi. Sebut saja auditor, analis keuangan, perbankan, hingga tenaga pengelola keuangan negara adalah lahan pekerjaan yang akan ditapaki oleh para akuntan itu.

DAFTAR PUSTAKA
Harahap, Sofyan Syafri. 2012. Teori Akuntansi. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.

Effendi, Rizal. 2015. Prinsip-prinsip Akuntansi Berbasis SAK ETAP Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

No comments:

Post a Comment